Daftar Pekerjaan Ini Cocok Untuk Introvert!

Belum lama ini, “introvert” adalah kata yang kotor ketika datang ke pekerjaan dan wawancara kerja. Mempekerjakan manajer sering secara eksplisit menyatakan bahwa mereka menginginkan seseorang “ekstrovert,” dan melewati lebih banyak pelamar yang berbicara lantang.

Saat ini, kebanyakan orang menyadari bahwa introvert dapat memiliki keterampilan orang juga (bahkan jika beberapa dari kita memulai dengan sangat canggung). Tapi itu tidak berarti dunia kerja selalu menyambut. Faktanya, bagi banyak introvert, menemukan karier yang benar-benar memuaskan tampaknya seperti pencarian yang mustahil.

Bukan berarti introvert sendirian dalam hal itu. Di Amerika Serikat, hanya 51 persen pekerja merasa puas dengan pekerjaan mereka, dan aman untuk menganggap 49 persen lainnya tidak semuanya introvert. Tetapi introvert menghadapi hambatan yang tidak dimiliki pekerja lain. Sebagai contoh, introvert jauh lebih mungkin menginginkan pekerjaan yang bermakna, bukan hanya gaji, karena mereka mengambil lebih banyak kepuasan dari pekerjaan itu sendiri – dan bukan hanya dari persahabatan dengan rekan kerja. Seorang introvert di lingkungan kerja yang salah akan terbakar dengan cepat dan jatuh ke tempat di mana mereka takut akan bekerja.

Tapi bukan itu yang harus terjadi. Mari kita jelajahi kendala apa yang membuat banyak introvert menemukan karir yang bahagia, dan beberapa pekerjaan “sempurna” untuk introvert.

Baca juga: Bagaimana Memahami Budaya Yang Sekarang Di Perusahaan Anda

Mengapa Kebanyakan “Introvert” Tidak Senang Dengan Pekerjaannya

Sebagai seorang introvert, ada banyak faktor eksternal yang dapat menyebabkan frustrasi, energi terkuras, dan kelelahan pada pekerjaan. Sebagai contoh:

  • Tata ruang kantor terbuka telah menjadi hal biasa, membombardir para introvert dengan kebisingan dan gangguan.
  • Banyak manajer salah memprioritaskan kolaborasi daripada fokus pada pekerjaan.
  • Wawancara kerja sering menghargai kemampuan sosial daripada keterampilan dan kompetensi konkret – bahkan jika pekerjaan yang dimaksud bukan posisi yang dihadapi orang.
  • Banyak manajer tidak menyadari bahwa introvert membawa kekuatan unik bagi tim, atau bagaimana memanfaatkan karyawan introvert mereka secara maksimal.

Lihat juga: Private Office

Sebenarnya, saya tidak berpikir salah satu dari mereka adalah akar penyebab mengapa introvert tidak puas di tempat kerja. Saya pikir sebagian besar introvert tidak dibesarkan untuk benar-benar memahami atau merangkul introversi mereka. Akibatnya, kami berjuang untuk memahami kepribadian kami, seringkali pada saat yang sama kami membuat keputusan penting tentang pendidikan dan karier. Secara pribadi, saya bahkan tidak tahu apa itu introvert sampai akhir dua puluhan, apalagi saya dulu.

Hasil? Banyak introvert berakhir dengan karier yang tidak sesuai dengan kekuatan, kemampuan, atau kebutuhan mereka.

Kekuatan Introvert di Tempat Kerja

Introvert membawa kekuatan yang kuat untuk pekerjaan itu, yang ekstrovert seringkali tidak cocok. Misalnya, introvert cenderung fokus, pekerja yang rajin, yang bisa sangat produktif dengan pengawasan yang relatif sedikit. Mereka mendengarkan dengan baik, meluangkan waktu untuk benar-benar memahami tujuan (atau kebutuhan klien) daripada bergegas ke depan.

Baca juga: 7 Tips Perencanaan karir di Segala Usia Ataupun Jenjang

Dalam pengaturan tim, introvert memastikan pekerjaan benar-benar dilakukan alih-alih hanya dibicarakan. Sebagai pemimpin, introvert fokus pada perencanaan yang cermat, efektif, dan meluangkan waktu untuk memahami tim mereka. Ini membuahkan hasil, dengan penelitian yang menunjukkan bahwa para pemimpin introvert mendapatkan lebih banyak produktivitas dari tim proaktif yang kuat daripada yang dilakukan ekstrovert.

Dan kami bahkan belum mengetahui bagaimana introvert cenderung kreatif secara alami. Semua introspeksi dan waktu tenang itu terbayar dengan dunia batin yang hidup yang menghasilkan solusi, karya seni, dan penulisan yang benar-benar kreatif.

Daftar Pekerjaan Ini Cocok Untuk Introvert!

Saya percaya kekuatan ini adalah panduan terbaik untuk menemukan karier yang bahagia bagi seorang introvert. Berikut sembilan rekomendasi teratas saya untuk karier bagi para introvert:

1. Dibidang IT

Bidang teknologi yang berkembang masih merupakan industri yang berkembang, terutama dalam peran seperti administrator sistem, insinyur perangkat lunak, analis data, atau pengembang web. Tetapi pekerjaan ini tidak hanya diminati (dan umumnya dibayar dengan baik); mereka juga melibatkan banyak fokus, pekerjaan individu – seringkali dengan penekanan pada pemecahan masalah kreatif atau membangun sesuatu yang baru.

2. Konselir

Dari semua profesi yang peduli, bekerja sebagai konselor atau terapis mungkin salah satu yang paling cocok untuk introvert. Sementara itu membutuhkan waktu orang, banyak dari itu adalah satu-satu atau kelompok kecil – sebuah situasi di mana para introvert berada di posisi terbaik mereka. Demikian juga, sebagian besar peran terapis adalah mendengarkan, mendengarkan, mendengarkan, kemudian menempatkan keterampilan introvert yang berpikiran dalam itu untuk bekerja dengan membantu seseorang mencapai kesadaran mereka sendiri. Hampir tidak ada yang lebih bermakna daripada membantu orang lain dan melihat hasilnya.

Tentu saja, tidak ada karier “terbaik” untuk introvert. Bahkan di bidang yang tepat, kebahagiaan pekerjaan Anda akan bergantung pada budaya, bos Anda, dan rekan kerja Anda – serta hanya mengetahui apa yang Anda inginkan dalam hidup. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memikirkan apa yang memberi energi dan menguras Anda, dan pilihan karier yang sempit dari sana.

3. Freelancer

Sejumlah besar introvert telah menemukan kebahagiaan hanya dengan beralih dari karyawan biasa ke wiraswasta. Ini dapat mengambil banyak bentuk, apakah Anda seorang wirausahawan yang ingin memulai bisnis baru (yang bukan untuk semua orang), atau Anda seorang freelancer yang melakukan pekerjaan berdasarkan proyek per proyek. Introvert berkembang sebagai pekerja lepas karena mereka suka bekerja secara mandiri dan menggunakan wawasan mereka sendiri. Ini juga berarti Anda dapat mengatur jadwal Anda sendiri, mengendalikan lingkungan Anda, dan menurunkan tingkat stimulasi Anda (tidak ada lagi mabuk introvert, setidaknya dari pekerjaan). Jika Anda ingin beralih ke wirausaha, sering kali paling mudah untuk mempertahankan pekerjaan harian Anda saat Anda membangun klien sebagai bisnis sampingan, lalu lepaslah secara penuh begitu angka-angkanya masuk akal.

4. Researcher

Ini adalah kategori yang luas, karena ada peneliti di hampir semua industri. Sementara setiap bidang akan memiliki kekhasan masing-masing, semua posisi peneliti memerlukan dua hal yang merupakan kekuatan introvert: komunikasi tertulis dan pekerjaan solo yang luas. Dalam beberapa kasus, posisi-posisi ini dapat dengan mudah diubah dari karier Anda yang ada, yang merupakan anugerah bagi para introvert yang merasa “terjebak” melakukan sesuatu yang menguras tenaga. Sadarilah gaya kerja pilihan Anda: beberapa posisi penelitian, seperti riset pemasaran, kemungkinan melibatkan pemikiran gambaran besar dan tren bercak, sementara yang lain (peneliti medis) akan jauh lebih berulang, mengharuskan Anda untuk mengikuti prosedur yang sama setiap hari .

5. Bekerja Diluar Ruangan

Setiap kali Anda melihat daftar profesi untuk introvert, Anda cenderung melihat setidaknya satu atau dua posisi “alami-y” – dan untuk alasan yang baik. Baik itu penata taman, penjaga hutan, rimbawan, atau ahli botani, pekerjaan di luar ruangan cenderung melibatkan banyak periode tenang yang lama. Tidak ada pertanyaan bahwa beberapa pekerjaan melibatkan bekerja dengan tim, tetapi dengan sifat fisik dan tidak terbatas dari pekerjaan itu, mudah untuk menjadi orang yang pendiam atau tetap tersesat dalam pikiran Anda. Dalam banyak pekerjaan ini, Anda juga akan dikelilingi oleh keindahan alam, yang baik untuk kesehatan mental dan membantu mengilhami pekerjaan dengan rasa makna.

 

Artikel Lainnya: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *