Bagaimana Memahami Budaya Yang Sekarang Di Perusahaan Anda

Bagaimana Memahami Budaya Yang Sekarang Di Perusahaan Anda
Bagaimana Memahami Budaya Yang Sekarang Di Perusahaan Anda

Apakah Anda siap untuk melihat budaya yang ada di organisasi Anda? Penilaian budaya Anda bisa membuat Anda bahagia; penilaian budaya Anda dapat membuat Anda sedih. Apa pun penilaian budaya Anda yang mengajarkan Anda tentang budaya Anda, budaya Anda adalah apa adanya.

Untuk mengubah budaya Anda, untuk meningkatkan budaya Anda, untuk mendapatkan manfaat dari budaya Anda, Anda perlu melihat dan memahami budaya yang ada. Untuk yang terbaik atau yang terburuk, budaya Anda saat ini mendukung Anda dalam pencapaian misi dan tujuan organisasi Anda — atau budaya Anda tidak.

Tetapi, Anda tidak tahu jawaban untuk pertanyaan ini sampai Anda meluangkan waktu untuk melakukan penilaian terhadap budaya Anda yang ada. Silakan dan ambil langkah pertama.

Penilaian Budaya Internal

Sulit bagi orang untuk menilai dan memahami budaya mereka sendiri. Ketika orang-orang bekerja setiap hari, banyak manifestasi budaya menjadi hampir tidak terlihat. Menilai budaya organisasi Anda seperti mencoba memberi tahu seseorang cara mengikat sepatu mereka.

Setelah Anda mengikat sepatu Anda sendiri setiap hari selama bertahun-tahun, sulit untuk menggambarkan prosesnya kepada orang lain.

Dengan demikian, keakraban Anda sepenuhnya dengan lingkungan Anda, interaksi rekan kerja Anda, konduksi pertemuan, interaksi anggota tim, dan artefak di kantor dan bilik akan mengharuskan Anda untuk mundur dan melihat lingkungan tempat kerja Anda dengan mata baru.

Cara Mengamati Budaya Anda Saat Ini

Anda dapat memperoleh gambar budaya Anda saat ini dengan beberapa cara. Untuk berpartisipasi dalam penilaian budaya Anda, Anda harus:

  • Cobalah menjadi pengamat budaya Anda dengan adil. Lihatlah karyawan dan interaksinya dalam organisasi Anda dengan mata orang luar. Berpura-puralah Anda adalah seorang antropolog yang mengamati suatu kelompok yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.
    Ajukan pertanyaan pada diri sendiri seperti: Bagaimana orang berinteraksi satu sama lain? Bagaimana konflik diselesaikan (dan apakah ada konflik)? Bagaimana para pemimpin senior berinteraksi dengan manajer menengah dan karyawan? Bagaimana manajer menengah berinteraksi dengan karyawan pelaporan?
  • Perhatikan emosinya. Emosi adalah indikasi nilai. Orang tidak menjadi bersemangat atau kesal tentang hal-hal yang tidak penting bagi mereka. Periksa konflik dengan cermat, untuk alasan yang sama. Apakah orang-orang tampak terlibat, interaktif, bersemangat, bahagia, ramah, murung, atau menarik diri? Apakah mereka tersenyum dan berinteraksi dengan Anda saat Anda berjalan di meja mereka?
  • Lihatlah benda-benda yang ada di meja dan digantung di dinding. Amati area umum dan pengaturan furnitur. Apakah itu interaktif atau steril? Dalam satu perusahaan yang berkesan, bagi beberapa konsultan yang berjalan melalui cubicleville, lingkungan yang menusuk sangat mencolok — tidak ada foto keluarga, tanaman, pernak-pernik, aksesori meja, atau mainan. Presiden perusahaan memberi tahu para konsultan yang berkunjung, secara pribadi dan di bawah kerahasiaan yang ketat, bahwa dia akan menutup perusahaan pada awal bulan itu — dan dia tidak ingin karyawan tahu. Konsultan memberi tahu dia bahwa karyawan sudah tahu. Stasiun kerja kosong mereka adalah kesaksian untuk pengetahuan ini.
  • Ketika Anda mengamati dan berinteraksi dengan karyawan, perhatikan hal-hal yang tidak ada di sana. Jika tidak ada yang menyebutkan sesuatu yang menurut Anda penting (seperti pelanggan atau pertumbuhan penjualan yang diharapkan), itu adalah informasi yang menarik. Ini akan membantu Anda memahami budaya organisasi Anda.

Nilai Budaya Organisasi Anda

Anda dapat menilai budaya perusahaan Anda saat ini dengan beberapa cara. Penilaian budaya ini dapat melibatkan berjalan-jalan, melakukan wawancara dengan karyawan, atau menggunakan instrumen penilaian budaya.

Berpartisipasi dalam Budaya yang sedang berjalan: Salah satu cara untuk mengamati budaya di organisasi Anda adalah berjalan-jalan di sekitar gedung dan melihat beberapa tanda fisik budaya.

  • Bagaimana ruang dialokasikan? Di mana kantornya berada?
  • Berapa banyak ruang yang diberikan kepada siapa? Di mana orang-orang berada?
  • Apa yang diposting di papan buletin atau dipajang di dinding?
  • Apa yang ditampilkan di meja atau di area lain bangunan? Dalam kelompok kerja? Di loker atau lemari?
  • Bagaimana area umum digunakan?
  • Apa yang orang tulis satu sama lain? Apa yang dikatakan dalam memo atau email? Apa nada pesan (formal atau informal, menyenangkan atau bermusuhan, dll.)? Seberapa sering orang berkomunikasi satu sama lain? Apakah semua komunikasi tertulis, atau apakah orang berkomunikasi secara verbal?
  • Apa interaksi antar karyawan yang Anda lihat? Berapa banyak emosi yang diekspresikan selama interaksi?

Ini hanya beberapa pertanyaan untuk dijawab ketika Anda mengamati dan menilai budaya organisasi Anda. Sering-seringlah berjalan-jalan budaya untuk mengamati budaya organisasi dalam aksi. Anda akan mencapai titik di mana Anda dapat menilai dan merasakan perbedaan halus dari waktu ke waktu.

Wawancara Tentang Budaya: Cara lain untuk memahami budaya organisasi Anda adalah dengan mewawancarai karyawan Anda dalam kelompok kecil. Sama pentingnya, selama wawancara ini, untuk mengamati perilaku dan pola interaksi orang-orang seperti halnya mendengarkan apa yang mereka katakan tentang budaya.

Karena biasanya sulit bagi orang untuk mengatakan seperti apa budaya itu, Anda akan mendapatkan informasi paling banyak dengan mengajukan pertanyaan tidak langsung. Berikut ini adalah contoh pertanyaan tidak langsung yang dapat Anda tanyakan selama wawancara budaya.

  • Apa yang akan Anda katakan kepada seorang teman tentang organisasi Anda jika dia akan mulai bekerja di sini?
  • Apa satu hal yang paling ingin Anda ubah tentang organisasi ini?
  • Siapa pahlawan di sekitar sini? Mengapa?
  • Apa karakteristik favorit Anda yang ada di perusahaan Anda?
  • Orang macam apa yang gagal di organisasi Anda?
  • Apa pertanyaan favorit Anda untuk menanyakan seorang kandidat untuk pekerjaan di perusahaan Anda?

Survei Tentang Budaya: Survei tertulis yang diambil oleh orang-orang dalam organisasi juga dapat memberikan informasi tentang budaya organisasi. Penting untuk membuat atau memilih survei menggunakan informasi yang dikumpulkan selama perjalanan budaya dan wawancara budaya.

Anda dapat membeli atau merancang survei secara khusus. Survei di luar rak mungkin memiliki pertanyaan menarik tentangnya; mungkin juga ada pertanyaan yang tidak relevan dengan organisasi Anda. Ini telah digunakan di sejumlah organisasi lain, sehingga pertanyaannya dapat diandalkan dan divalidasi.

Ini adalah cara di mana Anda dapat mengamati dan memahami budaya organisasi Anda. Hasil penilaian budaya organisasi Anda akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan lebih banyak, lebih sedikit, berhenti atau mulai.

Hasil dari penilaian budaya organisasi Anda akan mengkonfirmasi kemanjuran budaya yang Anda miliki atau memberikan dorongan yang Anda butuhkan untuk mengubah budaya organisasi Anda.

 

Artikel Lainnya:

  1. Faktor Kunci Sukses Untuk Bisnis Anda
  2. 7 Tips Perencanaan Karir di Segala Usia Ataupun Jenjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *