7 Tips Perencanaan karir di Segala Usia Ataupun Jenjang

tips karir

Perencanaan dalam berkarir bukanlah sesuatu yang Anda lakukan sekali dan kemudian lupakan. Menimbang bahwa penelitian telah menemukan bahwa pekerja rata-rata akan berganti karier – bukan pekerjaan tetapi karier – lima hingga tujuh kali dalam hidup mereka, perencanaan karier adalah kegiatan yang harus Anda lakukan setidaknya setahun sekali.

Berhasil di tempat kerja yang terus berubah membutuhkan rencana manajemen karier. Pengusaha selalu ingin menarik, merekrut, dan mempertahankan karyawan yang memberikan nilai terbaik. Pikirkan diri Anda sebagai bisnis dengan produk untuk dijual dan buat strategi untuk memasarkan nilai Anda di tempat kerja.

Berikut ini 7 tips Perencanaan Berkarir di segala usia ataupun jenjang :

Selalu Perbarui CV Anda

Salah satu langkah terpenting dalam merencanakan masa depan karier Anda adalah bersiap untuk menerkam ketika ada peluang. Terlepas dari tingkat industri atau karier Anda, mempelajari cara menulis resume dan tetap memperbarui adalah latihan tahunan yang hebat.

Kenali Kemampuan Anda Sendiri

Mungkin jabatan Anda adalah Analis Bisnis tetapi Anda memiliki banyak pengalaman manajemen proyek – keterampilan yang dapat diterapkan pada pekerjaan lain. Berpikir di luar jabatan Anda saat ini dengan mempertimbangkan tujuan Anda dan bagaimana keterampilan yang Anda miliki sekarang akan berguna dalam peran baru. Buat daftar keterampilan yang dapat ditransfer yang relevan untuk ditambahkan ke resume Anda.

Juga, lakukan riset tentang keterampilan apa yang perlu Anda peroleh. Jika tujuan Anda adalah menjadi Wakil Presiden bidang Keuangan, misalnya, pengalaman dan keterampilan apa yang perlu Anda peroleh di tahun berikutnya, atau dalam lima tahun ke depan, agar memenuhi syarat untuk jabatan itu? Kemudian buat rencana untuk mencapai tujuan karir jangka panjang Anda.

Tentukan Tujuan Karir

Meskipun Anda bisa sukses dalam karier Anda tanpa menetapkan tujuan, Anda bahkan bisa lebih sukses dengan penetapan tujuan. Apa tujuan karir jangka pendek Anda (dalam satu tahun) dan jangka panjang (dalam lima hingga 10 tahun)? Anda mungkin sudah tahu tentang sasaran SMART (spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berdasarkan waktu). Selalu tulis dan bagikan daftar dengan seseorang. Ini akan membantu Anda menciptakan rasa akuntabilitas.

Bagian besar lain dari perencanaan karir adalah meninjau dan menyesuaikan tujuan-tujuan ini secara teratur – dan mengembangkan tujuan baru setelah Anda mencapai yang sebelumnya. Jadi, setiap kali Anda duduk untuk sesi perencanaan karier, keluarkan daftar ini dan tinjau kembali.

Jelajahi peluang pendidikan atau pelatihan baru

Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk belajar dan tumbuh lebih sebagai karyawan dan individu. Bagian dari perencanaan karir adalah menemukan peluang pelatihan, kursus, atau lokakarya yang akan membantu Anda memajukan karir Anda. Jika perusahaan Anda menawarkan peluang pengembangan profesional, manfaatkanlah. Ini adalah uang gratis dan dapat berharga dalam mencapai tujuan Anda.

Teliti peluang pengembangan karir lebih lanjut

Bagian yang menyenangkan dari perencanaan karir adalah membayangkan karier Anda di masa depan. Di mana Anda berada dalam satu tahun atau lima tahun? Meskipun tidak mungkin untuk merencanakan semuanya, itu selalu ide yang baik untuk mengetahui ke mana Anda pergi dan berbagai jalur karier apa yang tersedia untuk Anda.

Seiring kemajuan karyawan dalam karier mereka, semakin sedikit pekerjaan di tingkat yang lebih senior yang tersedia, namun terus mengembangkan keterampilan dan pengalaman Anda masih harus menjadi prioritas.

Anda dapat terus mengalami pertumbuhan karier dengan berinvestasi dalam pengembangan karier Anda – mis., Anda dapat berbicara dengan manajer Anda tentang membayangi karyawan lain di perusahaan Anda untuk mempelajari berbagai pekerjaan, atau Anda dapat menghadiri berbagai sesi pelatihan dan lokakarya. Anda dapat menjelajahi gerakan lateral untuk memperluas pengalaman Anda atau menemukan seorang mentor di departemen berbeda yang ingin Anda jelajahi.

Mengkaji dan merencanakan secara teratur akan membuat Anda lebih siap untuk apa pun yang ada di depan dalam karier Anda. Arahkan karier Anda dengan sengaja, tetapi juga terbuka untuk kehidupan yang mengejutkan Anda dengan petualangan baru bahkan jika petualangan itu tidak sama persis dengan tujuan yang ada dalam pikiran Anda.

Catat prestasi yang Anda Miliki

Sebagian besar dari kita tidak menyimpan rekam jejak prestasi kerja; namun, ini tidak hanya berguna untuk membangun resume Anda, tetapi juga berguna untuk perencanaan karir. Belajar melacak dan menulis tentang pencapaian profesional Anda akan bermanfaat bagi Anda ketika bekerja menuju tujuan karier Anda berikutnya.

Renungkan apa yang Anda sukai, tidak suka, butuhkan, dan inginkan dari pekerjaan

Suka dan tidak suka Anda berubah dari waktu ke waktu, jadi itu selalu ide yang baik untuk merenungkan apa yang Anda rasakan sangat kuat dalam hidup dan karier Anda. Buatlah daftar apa yang Anda sukai dan tidak sukai tentang pekerjaan Anda. Semoga Anda masih menikmati banyak kegiatan kerja Anda, tetapi jika tidak demikian, mungkin sudah saatnya untuk mulai mempertimbangkan pekerjaan atau karier baru.

Penting juga untuk memiliki tujuan yang jelas dan bermakna yang menurut Anda menarik secara emosional. Apa yang benar-benar Anda butuhkan dari pekerjaan Anda? Membuat perbedaan? Untuk menjadi mandiri secara finansial?

 

Artikel Lainnya :

 

Rekomendasi Property:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *